Manfaat Silica Gel Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Posted on

Acakadul.com – Saat membeli suatu produk seperti sepatu atau yang lainnya pada umumnya kita juga memperoleh bungkusan gel warna-warni atau putih dalam kardus barang tersebut sebagai bahan pengawet produk. Inilah yang disebut dengan silica gel yang sesungguhnya mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah manfaat silica gel.

Manfaat Silica Gel Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Manfaat Silica Gel Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat silica gel untuk keseharian kita

Sebaiknya jangan langsung membuang silica gel yang kita peroleh dari pembelian suatu produk karena kita masih dapat memanfaatkannya di rumah. Demikian penjelasannya bagi Anda.

  1. Bibit tanaman

Kadang kita menyimpan bibit tanaman atau biji-bijian sebagai hiasan atau bahan penelitian. Tetapi karena kelembaban yang tinggi atau banyaknya kandungan air pada biji atau bibit tersebut seringkali tiba-tiba tumbuh calon batang. Untuk menghindari hal ini Anda bisa menyelipkan silica gel pada botol biji-bijian ini karena akan menyerap air di sekitarnya sehingga biji lebih kering dan tahan lama.

  1. Alat otomotif atau listrik

Untuk mencegah alat-alat listrik, pertukangan, atau otomotif dari karat, Anda tinggal menyelipkan silica gel pada kotak penyimpanannya. Silica gel akan mengurangi kelembaban dan air sehingga alat-alat tersebut terhindar dari proses oksidasi yang membuat karatan.

  1. Buku

Bila Anda suka mengoleksi buku-buku tua atau perangko, salah satu musuh yang sering menyebabkan benda-benda ini rusak adalah jamur. Jika sudah demikian pada halaman-halaman buku atau perangko akan muncul bercak-bercak coklat dan menjadi rapuh. Untuk menghindari hal ini letakkan beberapa bungkus silica gel pada sekitar tumpukan buku Anda atau pada lemari penyimpanan. Manfaat lain dari silica gel adalah mencegah buku beraroma menyengat.

  1. Bunga

Kadang kita ingin mengawetkan bunga dari orang tercinta untuk mengingat momen-momen spesial. Anda bisa menggunakan manfaat silica gel, caranya, masukkan silica gel halus pada wadah besar, masukkan bunga lalu timbun secara merata hingga silica gel masuk pada sela-sela bunga. Tutup wadah rapat-rapat dan diamkan selama 5 hari. Anda akan mendapatkan bunga kering yang tetap cantik dan awet.

  1. Pakaian

Selain pada benda-benda di atas, silica gel juga dapat digunakan pada lemari pakaian untuk mencegah terjadinya penjamuran pada baju-baju kesayangan Anda.

Demikianlah beberapa manfaat silica gel dalam keseharian Anda. Selamat mencoba!

(Visited 844 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.