Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Serangan Jantung

Posted on

Cara Mengatasi Serangan Jantung – Berdasarkan data yang tercatat, serangan jantung adalah penyebab pertama kematian di dunia dan termasuk di tanah air. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi serangan jantung atau pertolongan pertama saat menghadapi kondisi berbahaya ini baik bila terjadi pada diri sendiri ataupun pada orang lain agar tak sampai membawa akibat fatal. Tetapi sebelumnya sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab dan gejala penyakit jantung.

cara mengatasi serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, obat serangan jantung alami

Penyakit jantung terjadi karena dipicu oleh penyempitan pembuluh darah karena tingginya kadar kolesterol dalam darah atau protein lain yang pada umumnya terkandung dalam makanan. Jika penumpukan kolesterol atau lemak jahat tersebut semakin banyak dan mengeras, maka arteri bisa menjadi sempit sehingga tak ada tempat untuk mengalirkan darah menuju jantung. Lambat laun hal ini bisa memicu serangan jantung. Gejala penyakit jantung yang umum terjadi adalah, nyeri dada, sesak napas, sering merasa capai, jantung berdebar, beberapa organ tubuh membiru, serta perut dan kaki membengkak.

Cara mengatasi serangan jantung

Saat merasa bahwa Anda mengalami serangan jantung yang ditandai dengan rasa tertekan atau terjepit serta nyeri hebat pada bagian dada disertai mual dan kadang-kadang muntah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah:

cara mengatasi serangan jantung, cara mengobati serangan jantung, obat serangan jantung alami

  • Jangan panik,
  • Tarik nafas dalam-dalam,
  • Setelah itu berusahalah untuk batuk sekuat tenaga sebagaimana Anda tengah berusaha mengeluarkan dahak di tenggorokan,
  • Tarik napas sekali setiap dua detik dan usahakan untuk batuk kembali sampai Anda merasa denyut jantung sudah normal kembali atau hingga pertolongan tiba.

Cara mengobati serangan jantung yang merupakan pertolongan pertama dengan menarik napas dalam-dalam adalah untuk memasukkan oksigen ke dalam paru-paru, sementara ketika batuk jantung akan tertekan sehingga peredaran darah akan kembali lancar. Selain itu saat batuk, denyut jantung juga diusahakan untuk kembali normal. Setelah merasa kondisi Anda membaik, segeralah pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. Selain menggunakan metode medis, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami sebagai obat penyakit jantung. Demikian adalah resepnya untuk Anda:

Obat serangan jantung alami dari daun sukun

  • Untuk membuat ramuan ini siapkanlah 1 lembar daun sukun dan 1.5 liter air
  • Cucilah daun sukun hingga bersih lalu jemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering. Setelah kering robek daun hingga menjadi potongan-potongan kecil.
  • Rebus satu liter air bersama dengan daun sukun kering hingga mendidih dan air tersisa setengahnya.
  • Setelah itu tambahkan air yang tersisa yaitu sebanyak 0.5 liter dan diamkan sampai mendidih.
  • Matikan kompor dan saring ramuan untuk memperoleh sarinya.
  • Dinginkan ramuan dan konsumsi sebagai obat herbal jantung sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari sampai gejala sakit berkurang.

Semoga ulasan tentang cara mengatasi serangan jantung di atas dapat menambah wawasan Anda. Pertolongan pertama bisa menjadi sangat penting untuk menyelamatkan nyawa pasien serangan jantung.

(Visited 515 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.