Solusi Alami Jika Anda Mengalami Susah BAB

Posted on

Masalah sembelit atau sering dikatakan susah bab adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal ini bisa menjadi indikasi bahwa selama ini proses detoksifikasi alami tak berjalan dengan lancar sehingga tubuh dipenuhi toksin yang berbahaya bagi kesehatan. Artikel kesehatan ini akan mengulas tentang masalah pencernakan ini sekaligus bahayanya dan cara untuk memecahkan kondisi tersebut.

Berikut Beberapa Dampak Buruk Susah BAB

Bila terjadi secara terus-menerus kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya komplikasi pada kesehatan Anda. Inilah beberapa bahaya susah bab yang harus Anda waspadai.

susah bab, bahaya susah bab, cara melancarkan bab

Gejala kanker atau tumor

Cermati masalah sembelit yang terjadi pada Anda. Bila kesulitan bab diikuti dengan penurunan berat badan secara drastis, hingga sekitar 15 kg dalam jangka waktu 1 bulan saja, maka Anda harus segera menghubungi dokter karena hal itu bisa merupakan gejala adanya kanker atau tumor pada saluran pencernaan.

Prolap rekti

Ini artinya adalah kondisi bagian bawah usus besar keluar dari anus karena kotoran yang keras sehingga penderita harus mengejan dengan keras untuk bab.

Fisura ani

Bahaya susah bab berikutnya adalah terjadinya robekan pada anus disebabkan oleh mengejan yang terlalu keras, juga perdarahan hemoroid atau wasir. Anda juga berpotensi mengalami infeksi saluran kemih karena penumpukan feses yang terlalu lama pada rektum.

Bila kondisi sulit bab terus terjadi selama lebih dari 12 minggu dan obat pencahar tak dapat menjadi solusi yang efektif maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis.

Kondisi sembelit ini bisa dipicu oleh beragam masalah kesehatan atau kelainan pada tubuh. Misalnya karena, radang usus, tumor yang menyumbat usus besar, penyakit Hirschprung, penyakit parkinson, atau karena kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat akibat pola makan harian yang buruk. Bila kesulitan bab Anda dipicu oleh penyebab yang terakhir ini maka solusinya cukup mudah, yaitu memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar hingga mencapai 70% dari porsi makan harian Anda, dengan sisanya, adalah 20% karbohidrat, dan 10% adalah protein hewani.

Berikut beberapa ramuan tradisional berikut ini mungkin dapat membantu.

1. Pepaya

Bahan alami yang banyak dianjurkan sebagai cara alami melancarkan bab adalah dengan mengonsumsi buah pepaya. Pilihlah buah pepaya yang benar-benar masak dan konsumsilah di pagi hari saat perut dalam kondisi kosong atau sebagai sarapan Anda. Dalam daging buah pepaya terdapat kandungan zat peptin yang berkhasiat untuk melunakkan feses yang keras sehingga Anda bisa bab lebih lancar.

2. Lidah buaya

Tahukah Anda bahwa getah daun lidah buaya juga berkhasiat sebagai obat pencahar karena merupakan cara pembersih yang cukup kuat. Tetapi Anda harus mengetahui dosis yang tepat agar tak menimbulkan efek samping seperti kram usus atau diare. Untuk itu konsultasikan dengan herbalis profesional. Ramuan pencahar dari lidah buaya tak direkomendasikan untuk ibu hamil, wanita yang sedang haid, atau penderita diare.

Langkah-langkah membuat ramuan lidah buaya

  1. Untuk membuat ramuan ini siapkan setengah batang lidah buaya berukuran sedang dan cuci sampai bersih.
  2. Kupas kulitnya dan ambil bagian dalamnya lalu cincang hingga halus.
  3. Seduh ramuan dengan ½ cangkir air panas dan diamkan hingga hangat.
  4. Sebelum mengonsumsinya tambahkan satu sendok makan madu lalu konsumsilah 2 kali sehari.

3. Temulawak

Siapkan ramuan jamu susah bab yang terdiri dari rimpang temulawak, asam jawa, serta gula jawa secukupnya. Cuci temulawak hingga bersih lalu kupas kulitnya dan iris-iris tipis. Tambahkan asam jawa dan gula jawa lalu seduh dengan air mendidih dan diamkan hingga ramuan hangat. Saring ramuan lalu minum airnya.

Demikianlah info kesehatan yang mengulas tentang masalah pencernaan sembelit sekaligus resep tradisional untuk mengatasinya. Semoga dapat menjadi rekomendasi berguna bagi Anda.

(Visited 184 times, 1 visits today)