Tentang Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya – Walaupun bukan tergolong gangguan kesehatan yang serius tetapi terserang radang tenggorokan ini cukup mengganggu aktifitas harian kita karena akan terasa sakit dan sangat tidak nyaman. Apalagi bila penyakit yang satu ini menyerang buah hati, tentu ia tak dapat lagi bermain atau belajar dengan gembira. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena radang pada pita suara ini dapat kita atasi dengan cara-cara rumahan yang cukup simpel dengan bahan-bahan herbal tradisional di sekitar kita.

Penyebab radang tenggorokan

Sebelum mengulas tentang solusi permasalahan ini, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab radang tenggorokan. Infeksi yang terjadi ini dipicu oleh bakteri streptococcus yang ditularkan lewat udara saat seorang penderita sedang bersin atau batuk. Selain itu penyakit ini juga bisa dipicu oleh alergi, udara kering bercampur debu, polusi udara, atau saat tengah terserang flu. Gejala gangguan kesehatan ini adalah rasa sakit saat menelan, suara serak atau hilang sama sekali, dan kadang disertai batuk kering serta demam pada kondisi yang lebih  serius.

radang tenggorokan, penyebab radang tenggorokan, obat radang tenggorokan, cara mengatasi radang tenggorokan

Solusi tradisional untuk mengobati radang tenggorokan

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba sebagai obat radang tenggorokan.

1. Teh Chamomile

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak di tenggorokan, Anda dapat mengonsumsi secangkir teh chamomile hangat dicampur satu sendok madu murni. Kandungan bahan herbal pada teh chamomile berkhasiat untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan sementara madu akan membantu menyembuhkan peradangan karena kandungan zat alami anti inflamasi yang dimilikinya. Ditambah istirahat yang cukup resep tersebut akan cukup ampuh bagi Anda.

2. Teh jahe

Rempah jahe juga dapat menjadi cara mengatasi radang tenggorokan yang manjur. Kandungan ekspektoran pada jahe akan membantu meluruhkan lendir pada sistem pernapasan Anda serta melonggarkan tenggorokan. Selain itu jahe akan meningkatkan konsentrasi oksigen pada sel-sel tubuh, menetralkan toksin, serta mempercepat penyembuhan infeksi. Campurkan ½ sendok jahe segar yang telah diiris kecil-kecil dengan secangkir air mendidih lalu diamkan selama 30 menit. Konsumsi ramuan saat sudah menghangat. Harap tidak mencampurkan gula karena akan menghilangkan khasiat bahan herbal dari rempah tersebut.

3. Madu dan lemon

Campurkan satu sendok madu dan air perasan jeruk lemon ke dalam secangkir air hangat, aduk hingga rata, dan konsumsilah perlahan-lahan untuk menyembuhkan radang tenggorokan Anda. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon akan membantu mempercepat penyembuhan radang, luka, serta infeksi.

4. Bawang putih

Bawang putih mempunyai kandungan allicin yang berfungsi sebagai antibiotik alami yang cukup efektif untuk mematikan bakteri pemicu gangguan tenggorokan. Cara mengaplikasikan resep ini sangat mudah, Anda tinggal mengiris sedikit bawang putih lalu hisap sarinya. Dosis yang dianjurkan adalah satu kali sehari saja.

Demikianlah beberapa bahan alami tradisional yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Sebagai tindakan antisipasi atau pencegahan jagalah kesehatan tubuh secara menyeluruh agar stamina tetap terjaga. Dengan demikian Anda akan lebih kebal terhadap serangan bakteri atau virus yang menyerang. Caranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat dengan sayuran dan buah-buahan mencapai 70% porsi menu harian Anda. Semakin segar bahan alami tersebut maka akan semakin baik. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih pada jumlah yang disarankan. Beristiratlah dengan proporsional dengan mengupayakan tidur berkualitas 7 atau 8 jam setiap malam.

Nah, tidak sulit, bukan, semoga lekas sembuh kembali.

(Visited 482 times, 1 visits today)

One thought on “Tentang Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.