Tips Menu Makanan Sehat Penderita Asam Urat

Posted on

Menu Makanan Sehat Penderita Asam Urat – Saat penyakit asam urat kambuh tentu penderitanya tak dapat beraktifitas dengan nyaman karena seluruh persendian akan terasa nyeri. Selain menjalani terapi penyembuhan secara medis, agar dapat memperoleh hasilnya secara maksimal dan cepat, penderita juga harus menerapkan menu makanan sehat penderita asam urat dalam kesehariannya yang meniadakan atau menghindari sama sekali bahan makanan dari hewan.

menu makanan sehat penderita asam urat, makanan untuk penderita asam urat, pantangan penderita asam urat

Contoh menu makanan sehat penderita asam urat

Sangat penting bagi penderita asam urat untuk lebih teliti dalam memilih makanan dalam kesehariannya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk penderita asam urat yang disarankan bagi Anda.

  • Cerry

Konsumsi buah cerry 200 gram setiap hari akan sangat baik bagi penderita asam urat karena mengandung zat anti inflamasi sehingga membantu pencegahan kristalisasi asam urat pada persendian. Buah cerry juga membantu menetralkan zat asam, mengurangi rasa nyeri sendi, serta mengurangi peradangan.

  • Apel

1 buah apel setiap hari selayaknya disertakan dalam menu makanan Anda karena kandungan asam malatnya akan membantu menetralisir asam urat yang Anda derita.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat memiliki banyak khasiat bagi tubuh, yaitu memelihara kesehatan pencernakan, menguatkan organ hati, juga melarutkan asam urat. Konsumsilah segelas air hangat dengan campuran jeruk nipis setiap hari setelah bangun tidur sebagai minuman pertama Anda.

  • Potassium

Makanan sehat yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah bahan makanan yang banyak mengandung potassium seperti yoghurt, kentang, dan tomat.

  • Vitamin C

Konsumsilah buah-buahan yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi untuk mengurangi gejala asam urat. Yang termasuk dalam jenis buah-buahan tersebut adalah jambu biji, jeruk dan beragam jenisnya, strawberry, serta pepaya.

Selain mendapat wawasan tentang makanan yang direkomendasikan bagi penderita asam urat, Anda juga harus mengetahui makanan-makanan pantangan penderita asam urat, antara lain:

  • Jeroan yang meliputi limpa, babat, ginjal, hati, otak, usus, serta paru.
  • Makanan laut yaitu udang, cumi, ikan laut, kepiting, tiram, remis, dan sotong.
  • Ekstrak daging seperti dendeng dan abon.
  • Makanan yang mengandung bahan pengawet seperti segala jenis kornet dan sosis.
  • Unggas yaitu bebek, kalkun, serta angsa.

Baca juga : Resep Tradisional Untuk Mengatasi Asam Urat

Demikianlah beberapa makanan dalam menu makanan sehat penderita asam urat yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur sekaligus makanan pantangan yang dapat membuat penyakit Anda semakin bertambah parah. Semoga bermanfaat!

(Visited 980 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.